Turunkan Darah Tinggi dengan Makanan Ini

Turunkan Darah Tinggi dengan Makanan Ini

Tubuh yang sehat mempunyai tekanan darah yang stabil yaitu tidak tinggi dan juga tidak rendah. Jika tekanan darah terlalu tinggi bisa memnyebabkan penyakit hipertensi dan bisa berujung hingga ke berbagai komplikasi penyakit.

Darah tinggi bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, bisa juga karena perubahan mood / perasaan ke arah yang lebih jelek seperti ketika menjadi marah, jengkel. Ketika tekanan darah tinggi terus – terusan terjadi dan tanpa terkontrol makan akan terkena hipertensi. Hipertensi bisa menyebakan stroke dan juga penyakit serangan jantung yang bisa merenggut nyawa.

Agar hipertensi dapat terkontrol, kita harus menerapkan gaya hidup sehat, terutama dalam mengonsumsi makanan – makanan bernutrisi dan sehat.

Berikut ini, makanan yang dapat membantu mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

– Ikan Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon sangant membantu dalam menurunkan darah. Hal ini dikarenakan asam lemak tersebut bisa menekan peradangan darah dan juga bisa menurunkan oxylipin yang merupakan senyawa yang menyempitkan pembuluh darah.

– Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau seperti brokroli dan bayam kaya akan nutrisi seperti serat, kalium, kalsium , potassium, dan jgua antioksidan. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

– Wortel

Senyawa fenolik didalam wortel dapat membantu menurunkan darah tinggi.Senyawa ini bisa didapatkan dari wortel mentah ataupun yang sudah diolah. Namun, konsumsi secara mentah dipercaya memberikan manfaat lebih.

– Buah Bit

Tekanan darah dapat diturunkan dengan nitrat. Nitrat terkandung dalam buah bit. Kandungan ini sangat berguna dan baik dalam menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian juga, di katakan bahwa bit bisa menurunkan tekanan darah dalam 1×24 jam.

– Buah Citrus

Buah – buahan citrus seperti lemon, jeruk, dan jeruk bali merupakan buah citrus yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh pasien hipertensi. Hal ini dikarenakan, buah citrus mengandung mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang memiliki manfaat untuk membuat tekanan darah menurun.

– Susuh rendah lemak atau yoghurt

Susu rendah lemak atau susu yang mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jika tidak suka atau alergi terhadap susu, bisa juga mengonsumsi yoghurt.