Swiss Merupakan Destinasi Wisata Terpopuler

Swiss merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang sangat ingin dikunjungi oleh banyak traveler. Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, swiss juga memiliki berbagai macam kuliner yang sangat lezat sekali dengan cita rasa khas dari negara tersebut. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali sekolah tinggi untuk memasak di negara satu ini. Banyak chef handal dari seluruh dunia yang berasal dari swiss.

Halo from Interlaken, Switzerland. Sehappy itu bisa ke Swiss akhirnya, bucketlist setiap orang yg suka jalan-jalan kayaknya bisa kesini tuh. Dan di Interlaken ini random aja jalan-jalan keliling karena sekitaran sini aja udah bagus banget, ditambah lagi orangnya ramah-ramah. Dan walaupun hari ini cuaca gloomy banget nggak secerah kemaren, tetep aja suasana hati happy banget!

Kawasan Interlaken dikenal sebagai salah satu kawasan yang paling banyak didatangin turis di Swiss. Tadinya mikir pasti bakalan rame banget, ternyata diluar ekspektasi banget. Semua tempat yang gue dateng hampir semuanya sepi, kecuali di city centernya. Seneng banget rasanya bisa nikmatin pemandangan pegunungan khas Swiss begini dengan tenang dan syahdu. Apalagi di area Iseltwald ini, sepi bangeeet!

Yang paling menyenangkan dari perjalanan di Swiss ini selain keindahan alamnya yang semua orang juga udah tau kayaknya, adalah orangnya yang ramah-ramah, ramah banget menurut gue malah untuk ukuran Eropa. Apalagi di area Interlaken ini, hampir kebanyakan warga yang gue temuin ketika lewat depan rumahnya atau sedang beraktivitas selalu senyum dan negur. Hal kecil kayak gini nih yang kadang bikin perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Bisa ngeliat langsung desa kecil begini di Swiss itu bucketlist dari jaman dulu banget. Ngerasain gimana rasanya sensasi jalan kaki keliling desa kecil begini, liat rumah-rumah kayunya yang hangat, liat peternakannya, alamnya, ah semuanya sama banget dengan ekspektasi gue, lebih malah. Peaceful banget desa ini, walaupun berada nggak jauh dari pusat turis di Interlaken, tapi sangat jarang ngeliat turis berseliweran. Jadi kita bisa nikmatin keliling santai disini.

Banyak Tempat Bagus dan Indah di Indonesia

Indonesia itu keren banget! Banyak tempat-tempat wisata yg menarik dan wajib dikunjungi. Hampir di setiap kota punya keunikannya tersendiri, salah satunya Flores yang terletak di daerah Indonesia bagian timur.

Nah buat temen-temen yg mau lihat Komodo di Indonesia, bisa langsung dateng ke Taman Nasional Komodo. Bukan cuma bisa liat komodo ajah disini, tapi banyak aktivitas lain yg bisa dilakukan contohnya Snorkeling, Diving, Island Hopping, Sailing, sampai duduk-duduk cantik di pantai juga bisa. Budaya dan keindahan alamnya emang bikin tempat ini jadi makin eksotis.
Masih seputaran Merapi dan kemarin cuaca di Merapi cukup bersahabat pas diawal trekking.
Dan malamnya, jeng-jeng cuaca berubah hujan deras bercampur angin.. Tapi senangnya adalah malam hari itu cuaca jadi hangaaatt banget..  inilah bagian yg gue suka dari hujan di malam hari.. Hujan selain bikin galau tapi bikin anget juga
Bersyukur bisa kembali lagi melihat megahnya Merapi kemarin
Memasuki bulan ini memang curah hujan sudah mulai tinggi, jadi buat temen-temen yg mau mendaki persiapkan semua sesuai dengan prosedur keselamatan karena tidak ada yg bisa menentang perubahan cuaca di alam

Buat gue kaki adalah aset yg harus dilindungi.. Berkali-kali gue tulis soal ini dan menurut gue sama kaya kalo naik motor harus pakai helm karena alasan keselamatan untuk melindungi kepala bukan karna takut ditilang pak polisi
Kecuali kalo otaknya ada di stang motor jadi yg dipakein helm itu stang motor .

Anyway, sepatu series Cypress dari eiger ini enak banget.. Ringan, durable, vibram dan cocok di segala medan jalur seperti di Merapi kemarin.

Buat gue pakai sepatu bukan karena alasan kenyamanan tp keamanan. Nyaman itu bisa dibuat terbiasa kok, awal-awal mungkin gak nyaman pakai sepatu, tp coba biasakan dan rasakan manfaatnya lama-lama jadi terbiasa apalagi kalo sadar akan keselamatan kaki.

Ps. Salute plus tepuk tangan buat temen-temen yg masih sayang kaki nya dengan memakai alas kaki yg sesuai dengan keselamatan *peluk satu-satu

Lho Kok Kapal Ikan?

Aku tiba-tiba terbangun dari tidur lelap karena suara berisik dari dalam dan luar kapal. Dibalik suara banyak orang, terdengar samar suara deru mesin kapal yang melemah, tanda kapal akan segera merapat. Para penumpang mulai bersiap mengambil barangnya masing-masing. Aku yang masih berusaha mengumpulkan nyawa, bertanya pada seseorang disebelahku.

“Pak, sudah sampai Tarempa?”tanyaku.

“Sudah”. jawabnya singkat tanpa menoleh ke arahku.

“Terima kasih, Pak”. Ketus sekali, pikirku.

Setelah mendengar info dari ABK bahwa kapal telah merapat, aku bergegas keluar dari kapal dengan beberapa peserta dari @markitrip. Beberapa orang terlihat sibuk mengambil barang dari atas kapal. Untungnya, aku hanya membawa daypack jadi tak perlu lagi mengantri untuk mengambil bagasi.

Tak lama, sebuah kapal ikan yang cukup besar merapat di dermaga. Kami diajak untuk langsung masuk ke kapal oleh Ester, salah satu tour leader trip Anambas ini. Aku bertanya-tanya, apakah Anambas masih jarang dikunjungi jadinya masih jarang kapal wisata? Karena kebanyakan kapal yang ada di dermaga hanyalah kapal ikan, tak ada satupun kapal hopping island semacam di Kepulauan Komodo.

“Pak, disini jarang kapal wisata ya Pak?” tanyaku pada Nakhoda.

Bapak Nakhoda yang terlihat garang dan memiliki kumis tebal itu menatap kearahku. Pertama kali melihatnya, cukup ngeri juga. Tiba-tiba dia tersenyum.

“Disini masih jarang Dek kapal wisata. Apalagi kapal semacam Pinisi seperti itu. Biasanya para wisatawan menggunakan jasa kapal ikan, itupun terbatas. Kalau punya dana lebih, bisa sewa speedboat tapi harganya jauh lebih mahal beberapa kali lipat.” jelasnya.

“Oh begitu Pak, terima kasih infonya. By the way Pak, kita kemana sekarang?”.

“Pulau Durai, salah satu Pulau cantik yang ada di Kepulauan Anambas. Disana kita bisa melihat penyu yang bertelur. Sekitar tiga jam perjalanan”.

“Duh.
Lagi-lagi aku terbangun dari tidur karena keriuhan para peserta trip. Sepertinya ada sesuatu yang menarik diluar kapal. Karena penasaran, aku mencoba untuk mengintip.

Ya Allah, tak heran Anambas terpilih menjadi pantai tropis terbaik di Indonesia.