MENGENAL MANFAAT RUMPUT LAUT WAKAME

Wakame merupakan salah satu jenis rumput laut yang bisa di konsumsi, rumput laut ini juga sudah menjadi salah satu jenis yang paling umum dan banyak dikonsumsi di Jepang meskipun juga telah dibudidayakan di Korea. Wakame juga bisa dimakan sendiri atau juga bisa disajikan dengan berbagai jenis makanan lainnya seperti salad dan sup miso. Seperti jenis rumput laut lainnya yang bisa dimakan, wakame ini juga menjadi salah satu panganan laut yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Makanan laut ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk yang masih segar, suplemen bubuk atau juga sudah dikeringkan. Wakame juga merupakan salah satu jenis panganan yang rendah kalori tapi tinggi kandungan nutrisinya, yodium juga menjadi nutrisi yang kadarnya sangat tinggi pada rumput laut jenis ini.

Setelah kalian mengetahui kandungan nutrisi wakame ini kalian juga pastinya perlu mengetahui manfaat wakame bagi kesehatan yang sangat baik seperti :
1. Menjaga fungsi tiroid
Wakame adalah salah satu sumber yodium yang sangat baik untuk dikonsumsi, pada satu 1gr wakame saja sudah dapat memenuhi sekitar 28% dari kebutuhan harian tubuh pada mineral yang sangat penting ini.
2. Menurunkan tekanan darah
Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi wakame ini bisa membantu mengendalikan tekanan darah karena wakame memiliki potensi dalam memelihara kesehatan jantung.
3. Berpotensi untuk menurunkan risiko kanker
Salah satu pontesi pada wakame yang paling mengesankan ialah dapat menghambat pertumbuhan dan juga penyebaran ke sel kanker, hanya saja dilakukan beberapa penelitian masih berupa uji tabung ini yang dilakukan terhadapat hewan
4. Mengendalikan kolesterol
Kelebiha kolestrol di dalama darah tentunya bisa membahayakan kesehatan, tapi menariknya jika kalian mengkonsumsi wakame secara rutin memiliki potensi yang dapat mengendalikan kolestrol dan juga dapat menjaga kesehatan jantung.
5. Mengendalikan gula darah
Beberapa laporan dan juga kajian bahwa wakame ini juga dapat mengendalikan gula darah, tidak hanya itu bahkan rumput laut ini juga memiliki potensi dalam mengurangi sesistensi sel terhadap insulin.

Meskipun wakame ini sudah terbukti dan cenderung sudah aman untuk dikonsumsi, namun kalian tetap harus membatasi agar tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi wakame ini karena ditakutkan akan menimbulkan efek samping pada sebagian orang. Beberapa merk wakame juga bisa mengandung natrium yang berlebihan dan dikaitkan dengan hipertensi pada beberapa orang.

Tidak hanya itu, wakame juga mengandung yodium dalam kadar yang tergolong tinggi, walau sangat baik untuk vital bagi tubuh namun mengkonsumsi yodium secara berlebihan juga bisa menjadi bomerang bagi tiroid dan juga dapat menimbulkan beberapa gejala tertentu seperti mual, sakit perut, demam dan juga diare.