Manfaat Yang Terdapat Pada Serai

Daun serai sudah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Mulai dari tanaman ataupun ekstraknya sudah digunakan untuk penyedap pada masakan dan pengobatan trandisional selama berabad-abad. Serai adalah jenis tanaman perdu tinggi dengan tangkai daun yang panjang.

Minyak esensial yang sudah dihasilkan pada serai juga bisa dijadikan sebagai aroma terapi untuk menyegarkan udara, meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress. Serai mempunyai aroma segar seperti lemon. Manfaat daun serai ini juga dapat digunakan sebagai penyedap rasa di berbagai masakan.

• Anti Peradangan
2 senyawa yang terdapat pada serai yaitu geranial dan citral yang merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas manfaat anti peradangan . senyawa ini dapat membantu dalam menghentikan pelepasan akibat peradangan tertentu yang ada pada tubuh. Serai dipercaya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, masalah pernafasan, dan flu.

• Mengurangi Resiko Terkena Kanker
Kandungan citral pada serai ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya adalah dapat membantu dalam mengurangi resiko terkena kanker karena serai mempunyai kemampuan anti kanker yang kuat terhadap beberapa sel kanker. Beberapa komponen serai ini bisa membantu dalam melawan sel kanker.

• Menurunkan Berat Badan
Air rebusan serai ini dapat digunakan sebagai minuman detoks untuk melancarkan system metabolism dan membantu dalam menurunkan berat badan. Ini biasanya di karenakan serai mengandung sifat uretik alami. Daun dan batang serai mengandung polifenol yang dapat mengeluarkan energy dan lemak, hal ini yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

• Membantu Meningkatkan Kesehatan Kulit
Serai mengandung sifat astringen dan anti septic dari air serai ini di percaya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Minyak esensial dari daun serai ini bisa membantu dalam mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Air serai ini juga bisa untuk memperkuat jaringan kulit dan mensterilkan pori- pori.

Serai juga bisa untuk membantu dalam mengobati infeksi selulitis yang diakibatkan oleh bakteri. Sifat anti mikroba nya juga bisa membantu dalam mengobati infeksi jamur pada kulit.