MANFAAT MENGKONSUMSI WASABI SERTA EFEK SAMPINGNYA

Wasabi dikenal lebih dari sekedar bumbu penambah citra rasa yang pedas pada jenis makanan jepang seperti ramen dan juga sushi, namun ternyata anda begitu banyak manfaat dari wasabi yang sangat baik untuk kesehatan. Sayuran hijau cerah ini juga dikenal sebagai lobak jepang yang dipercaya dapat mencegah resiko penyakit kanker sampai dapat menjaga kesehatan tulang.

Wasabi adalah jenis sayuran yang tergolong sangat mudah ditemukan dan juga tumbuh secara alami disepanjang lembah dan juga kawasan sungai di Jepang. Sayuran ini bercita rasa tajam yang tumbuhnya pada kawasan yang lembab di beberapa daerah seperti Korea, Cina, Selandia baru sampai Amerika. Rasa pedas pada makanan ini dan juga tajam ini berasa sari senyawa antioksidan isothiocyanate, senyawa ini juga sudah dikenal mempunyai sejumlah manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu wasabi juga dipercaya akan kandungan nutrisi lainnya yang sangat penting bagi tubuh seperti vitamin C, niacin, folat sampai vitamin B6. Sayuran ini juga ternyata tidak memiliki kandungan kolestrol sama sekali.

Dari kandungan yang berlimbah ini yang membuat wasabi memiliki banyak manfaat yang berlimpah seperti :
1. Mencegah kanker
2. Mengatasi keracunan makanan
3. Menjaga kesehatan jantung
4. Mengatasi peradangan
5. Mengatasi osteoporosis
6. Menjaga kesehatan usus

Namun dibalik berlimpahnya manfaat dari wasabi ternyata mengkonsumsi wasabi juga memiliki efek samping yang tergolong membahayakan kesehatan yang tidak boleh diremehkan salah satunya kerusakan pada hati. Jika kalian juga terlalu sering mengkonsumsi wasabi maka bisa merusak hati anda karena jenis sayuran ini memiliki kandungan hepatotoxin yang sebenarnya sangat aman dalam jumlah dosis kecil, tapi jika kalian konsumsi wasabi dalam jumlah yang sangat banyak atau berlebihan maka tubuh kalian secara otomatis tidak mampu memproses toksin tersebut inilah yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan hati yang tergolong bisa parah.

Maka dari itu bagi kalian yang suka mengkonsumsi wasabi sebaiknya lebih mengurangi porsi jumlah wasabi yang ingin dikonsumsi, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang wajar saja agar manfaat dari wasabi seperti yang di sebutkan diatas bisa kalian dapatkan. Tidak hanya wasabi saja, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan pastinya bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.