APAKAH YANG DI MAKSUD DENGAN RUM? DAN BAGAIMANA MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

Mungkin ada berbagai jenis alkohol yang sering kalian jumpai di pasaran, mulai dari jenis bir, arak, wine, vodka dan masih banyak jenis lainnya lagi. Mungkin dari salah satu jenis alkohol yaitu rum yang masih sebagian yang masih asing terdengar di telinga. Lalu apakah jenis alkohol rum ini?

Rum merupakan salah satu jenis alkohol yang terbuat dari penyulingan sari tebu atau yang biasanya di kenal dengan molase yang telah di fermentasi. Kadar alkohol yang terkandung pada alkohol jenis rum ini sebanyak 40% sampai 60%. Rum adalah satu satu jenis minuman tradisional yang berasal dari karibia yang di perkirakan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Namun saat ini, rum telah di produksi sudah secara meluas dan juga sudah di konsumsi oleh banyak orang di dunia. Pada umumnya rum ini tidak hanya bisa di minum secara langsung saja, namun kalian juga dapat meminumnya dengan mencampurkan dalam berbagai campuran makanan dan minuman misalnya pada minuman jenis koktail, eskrim, kue sampai jenis makanan dan minuman jenis lainnya.

Jenis rum ini pada umumnya memiliki 2 jenis yaitu rum putih dan hitam namun ini tergantung pada cara pembuatanya. Pada jenis rum putih ini biasanya memiliki kadar alkohol yang lebih rendang dibandingkan dengan jenis rum hitam. Selain itu rum putih lebih memiliki tekstur dan aroma hingga cita rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan rum hitam. Tapi apapun jenis rum ini baik rum hitam atau putih tentunya masih sama sama bisa digunakan sebagai campuran ke dalam makanan atau minuman.

Pada rum sama sekali tidak memiliki kandungan lemak maupun karbohidrat karena energi yang terdapat pada rum berasal dari kandungan alkoholnya. Jika di teliti lebih lanjut pada kandungan rum tersebut, maka fakta pada minuman beralkohol ini sebenarnya mampu untuk menyuguh bebagai jenis kebaikan yang baik untuk kesehatan yang tidak di sangka. Namun perlu di ingat bahwa manfaat rum yang sudah di percaya baik untuk kesehatan juga masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut agar mendapatkan khasiat yang secara optimal.

Berikut beberapa manfaat rum yang sudah di percaya khasiatnya seperti :
1. Meringankan gejala flu
2. Berperan sebagai zat antiseptik
3. Mengurangi nyeri otot
4. Mencegah risiko penyakit Alzheimer dan demensia
5. Menyehatkan jantung
6. Memperpanjang usia

Jika mengingat rum merupakan jenis minuman beralkohol, pastikan juga jika kalian ingin mengkonsumsinya dengan bijak dan hati-hati, karena rum biasanya digunakan sebagai bahan campuran pada minuman atau makanan. Pasalnya juga bawah berbagai jenis minuman beralkohol lainnya seperti rum ini juga biasa saja menimbulkan bahaya bagi kesehatan jika mengkonsumsinya dana jumlah yang banyak atau dalam jangka waktu yang lama.

Jika kalian sudah mengenali apa itu minuman alkohol jenis rum, dan perlu di ingat jika kalian ingin mengkonsumsinya harus lebih bijak. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui berapakah jumlah yang wajar dan tepat untuk di konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *